Jenius! Inilah 7 Programmer Termuda di Dunia

Usianya baru 7 Tahun, tapi sudah memiliki lisensi resmi untuk mendapat pekerjaan di salah satu perusahaan IT ternama. Ia bahkan sudah diperbolehkan meninggalkan bangku sekolah dasar.

 

Aplikasi, game, maupun program komputer lainnya yang semakin berkembang tidak luput dari peran seorang programmer. Keberhasilan suatu program tergantung dari kerja keras sang programmer serta kejeniusan yang dimiliki.
Ada banyak Programmer yang berkarya di seluruh belahan dunia. Bukan hanya dari kalangan orang dewasa, tapi juga anak muda.

Di masa sekarang ini, bermunculan programmer-programmer muda dengan karya yang mampu menarik perhatian dunia. Meski masih muda, mereka sudah berhasil menciptakan program-program yang patut diapresiasi.

Bahkan banyak di antara mereka yang masih tergolong anak-anak ketika berhasil menciptakan berbagai aplikasi dan game. Berikut 7 programmer termuda di dunia yang berhasil mencuri perhatian.

1. Muhammad Hamza Shahzad

Muhammad Hamza Shahzad dinobatkan sebagai programmer komputer termuda saat ini. Usianya baru 7 Tahun, tapi sudah memiliki lisensi resmi untuk mendapat pekerjaan di salah satu perusahaan IT ternama. Ia bahkan sudah diperbolehkan meninggalkan bangku sekolah dasar.

Anak jenius ini ahli mengotak-atik komputer dan membenarkannya. Ia juga mahir membuat aplikasi, web, dan lain semacamnya. Bakat itu sudah ia miliki sejak usia 4 tahun. Saking jeniusnya, orang tua Hamza mengaku kesulitan mencari sekolah yang tepat karena kepintarannya.

2. Anvitha Vijay

Gadis kecil berumur 9 tahun ini memiliki otak jenius yang luar biasa. Di usia yang masih terbilang anak-anak, ia sudah berhasil menciptakan dua aplikasi di App Store yaitu ‘Smartkins Animals’ yang merupakan aplikasi untuk mengenal nama serta suara hewan dan ‘Smartkins Rainbow Colours’ yang dibuat untuk membantu anak-anak belajar mengenai warna.

Gadis berdarah India ini memang fokus mengembangkan aplikasi edukasi anak-anak. Vijay pun mendapat beasiswa Apple dan pengakuan serta sambutan hangat dari CEO Apple ketika membuka acara WWDC 2016.

3. Daniel Chao

Saat berusia 10 tahun, Daniel Chao berhasil menciptakan sebuah aplikasi bernama iRead Monthly yang merupakan aplikasi untuk mencatat berapa banyak bacaan yang sudah dilakukan dalam satu bulan sehari. Aplikasi tersebut diterima oleh Apple dan berhasil menarik minat para pengguna Apple Store. Kejeniusan Daniel terus berkembang sampai ia berhasil menciptakan lebih banyak aplikasi.

4. Steven Gonzales

Steven divonis terkena penyakit leukimia akut ketika berumur 12 tahun. Meski sempat masuk dalam ruang isolasi selama 100 hari, ia berhasil selamat dari penyakit mematikan itu. Setelah sembuh, Steven yang memiliki kemampuan mengolah komputer menciptakan sebuah game berjudul Play Against Cancer.

Game tersebut diciptakan untuk membantu pasien kanker yang lain. Ia juga berhasil mengembangkan The Survivor Games yang merupakan jaringan sosial dan komunitas online pasien kanker remaja.

5. Thomaz Suarez

Thomaz telah menjadi ilmuwan di usianya yang masih 12 tahun. Bukan hanya sukses menciptakan game dan aplikasi iOS, anak jenius ini bahkan sudah mendirikan perusahaannya sendiri di usia yang masih sangat muda. Perusahaan itu ia beri nama Carrot Corp.

Aplikasi paling sukses yang ia ciptakan adalah Whac-a-Mole yang merupakan sebuah game pertandingan yang menampilkan artis Justin Bieber di dalamnya. Berkat kejeniusannya, Thomaz telah meraih beberapa penghargaan membanggakan.

6. Nick D’Aloiso

Baru berusia 15 Tahun, Nick sudah sukses dengan aplikasi yang ia ciptakan. TRIMIT, sebuah aplikasi iOS untuk meringkas konten web agar lebih singkat untuk digunakan di berbagai sosial media. Berkat kemampuan mengolah komputer dan menciptakan berbagai aplikasi, Nick diberi kesempatan melakukan pengembangan penelitian mengenai aplikasi alogaritma pada sebuah perusahaan besar, Fast Company. Penelitian yang ia lakukan sejatinya dikerjakan oleh orang-orang lulusan S2 dan S3.

7. Michael Sayman

Anak muda berusia 19 Tahun ini merupakan programmer di sosial media terbesar, Facebook. Tidak banyak yang menyangka bahwa Facebook memiliki programmer yang terbilang masih sangat muda. Michael Sayman mengenal dunia aplikasi sejak usia 13 tahun. Aplikasi pertama yang ia buat adalah ‘Club Penguin’ yang berasal dari ketertarikannya saat Steve Jobs membuka toko iOS App Store pertama kalinya.

Pada usia yang sama, Sayman juga memiliki blog yang berisi berbagai tips dan trik seputar game. Berasal dari keluarga kurang mampu, Sayman bekerja keras mengembangkan berbagai keahlian yang ia miliki hingga akhirnya ia berhasil dilirik Facebook.

Itulah dia 7 programmer termuda di dunia. Semuanya adalah anak-anak berprestasi yang tidak hanya memiliki kepintaran, tapi juga semangat dan tekad yang kuat untuk menciptakan sesuatu yang bermanfaat. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi kita semua.


Nadia

2 Blog posts

Comments
Mahabub Mia 19 days ago

good

 
 
Maulana 1 month ago

Contolo